Tugas IMK 2 Fasilkom UNSIKA - Kajian 10 Heuristics Usability pada Website "Rajakarcis.com"

Assalamualaikum Wr. Wb.
  
       Heuristic Usability adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengevaluasi interaksi dan antarmuka sebuah sistem atau aplikasi. Prinsip ini dikemukakan oleh Jacob Nielsen (1995) dan dikenal dengan istilah 10 Usability Heuristic for User Interface Design.

      Nielsen juga mengemukakan Severity Rating for Usability Problems sebagai skala penilaian tentang keparahan untuk masalah usability dari evaluasi heuristiknya. Yaitu, berupa peringkat dari 0 sampai 4.

0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah.
1 = tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project.
2 = permasalahan cukup serius, prioritas rendah.
3 = permasalahan serius, prioritas tinggi.
4 = penting untuk melakukan perbaikan sebelum product direlease.

Dalam postingan kali ini saya akan mengkaji 10 prinsip usability dari website rajakarcis.com 

1. Visibility of System Status
   Suatu kondisi yang mampu memberikan informasi yang terjadi pada user baik yang sedang dilakukan, sedang dibagian apa dan apa yang terjadi.

Website rajakarcis.com ini menurut saya sudah memenuhi prinsip yang pertama karena ketika kita sedang memilih suatu kategori, maka menu kategori tersebut berubah warnanya sehingga dapat membedakan dengan menu yang lainnya yang tidak dipilih.

Skala Severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah.

2. Match between System and The Real World
   Sistem sebaiknya berbicara dengan bahasa manusia yang familiar digunakan pengguna. Dengan mengikuti dunia nyata yang ada, kemudian dibawa ke sistem agar tetap natural. Selain itu juga terdapat istilah “metaphor” yang mana sistem yang pengguna gunakan serupa dengan apa yang ada sehari-hari.

Pada website tersebut tedapat ikon yang menyimbolkan tempat seperti pada umumnya sehingga mudah dipahami. Tetapi terdapat kalimat "sell your tiket with us" yang artinya cukup membingungkan bagi orang awam.

Skala Severitas :1 = tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project.

3. User Control and Freedom
   Mampu memberikan kemudahan dan kebebasan kepada user dalam menggunakan interface. Contohnya seperti user yang dapat melakukan undo, redo, dll.

Pada website tersebut jika kita tidak jadi untuk login maka dapat mengeklik "close".

Skala Severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah.

4. Consistency and Standard
    Menghindarkan user dari rasa was-was atau ragu-ragu di saat menggunakan suatu perintah atau fungsi. User jangan dibuat heran dengan perkataan, situasi, ataupun tindakan yang berbeda-beda, padahal memiliki arti yang sama saja.

Pada website rajakarcis.com ini penggunaan bahasanya konsisten. Dan juga dalam website ini banyak menggunakan teks dan sedikit menggunakan ikon sehingga lebih mudah bagi user untuk membaca ataupun membuat pilihan.


Skala Severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah.

5. Error Prevention
    Lebih baik membuat desain yang baik daripada memperbanyak pesan error, sehingga diharapkan akan membuat user menghindari kesalahan yang akan dilakukan sejak pertama kali. 

Saat kita salah atau kurang menambahkan sesuatu di website tersebut tidak muncul peringatan dan letak permasalahannya dan baru muncul ketika kita selesai mengisi sehingga dapat membuang-buang waktu user.

Skala Severitas :
2 = permasalahan cukup serius, prioritas rendah.

6. Recognition Rather than Recall
   Minimalkan ingatan user dengan membuat obyek, tindakan, dan pilihan yang mudah terlihat. Jangan membuat user mengingat-ingat apa yang harus dilakukan setelahnya.

Website rajakarcis.com tidak banyak menggunakan ikon, jadi pengguna dapat memilih pilihan yang ada dan tidak harus banyak mengingat.

Skala Severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah.

7. Flexibility and Efficiency of Use
   Bagi user atau pengunjung baru tentu mereka akan mempelajari sistem atau aplikasi terlebih dahulu. Apalagi jika aplikasi tersebut memiliki fitur yang banyak, user pasti membutuhkan yang lebih banyak dalam mempelajarinya. Oleh karena itu aplikasi haruslah fleksibel dan efisien.

Pada website tersebut saat user ingin membeli suatu tiket maka user harus membuat akun terlebih dahulu.

Skala Severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah.

8. Aesthetic and Minimalist Design
    Desain layout yang baik haruslah nyaman dipandang dengan menggunakan kontras warna yang baik, posisi yang sesuai dan serasi. Dengan desain yang minimalis dan dipadukan dengan whitespace (jarak antar elemen) yang sesuai akan membuat aplikasi terlihat elegan.

Tampilan pada website tersebut sederhana dan berisi informasi jelas.

Skala Severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah.

9. Help user Recognize, Diagnose and Recover from Errors
    Desain yang baik dan nyaman tentu belum lengkap tanpa adanya penanganan error bila terjadi. Saat error terjadi, aplikasi seharusnya tidak hanya memberikan pesan error namun juga memberikan solusi.

Saat user salah atau tidak sesuai dengan ketentuan saat memasukkan password untuk mendaftar makan akan muncul pesan error dan juga solusinya.

Skala Severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah.

10. Help and Documentation
     Walaupun lebih baik jika sistem tidak menggunakan dokumentasi, tetapi menyediakan bantuan dan dokumentasi akan sangat membantu user dalam menggunakan sistem.

Jika user tidak mengerti sesuatu dalam pembelian tiket atau lainnya yang menyangkut Rajakarcis.com, maka pergi ke ‘Support - FAQ’ atau 'Contact Us'.

Skala Severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah.

     Mungkin hanya sekian yang dapat saya bahas kali ini mohon maaf apabila ada kesalahan dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Previous
Next Post »